Belajar Memimpin

by - March 02, 2013

Sekarang ini, gue jadi panitia event sekolah. Sebenernya gue jadi panitia tiga event di sekolah. Pertama, SMADA English Championship (ECHA) 30 - 31 Maret ini, terus Pentas Tunggal (Pentung), sama Lomba Keagamaan Islam (LKI). Di LKI sih cuma jadi anggota sie humas perizinan, di Pentung gue jadi anggota Danus (dana usaha), nah ini, yang paling beban di ECHA, gue jadi Koordinator DANUS :")

Awalnya mikir, "alah gampang, anak buah banyak, tinggal kerahin aja semua..." Iya, dulu gue mikir gitu. Kenapa bisa gitu? Karena waktu dulu gue kelas 10 dan jadi anggota danus ECHA gue jalan sendiri, kakak kelas gue, koord-nya, bagi tugas gue jualan apa, gue cari sponsor kemana, dan gue jalan, dibantu sahabat hoby typo, Amma. Disuruh garage sale juga gue jalan aja sama temen-temen, tanpa kakel, karena waktu itu mereka ada study exploration. Gue bisa jalaaan waktu itu. Gue pikir anggota gue juga bisa kayak gitu, ternyata enggak. :")


Dari awal gue udah bagi-bagi, besok jual apa, tiap anak kudu jualin berapa, blahblahblah. Dan semua itu kacau, nggak jalan. Pernah waktu jualan udah dibagi-bagi tiap berapa anak harus jual berapa gitu, punya gue sama Devi udah habis, padahal kita ambil jatah paling banyak, gue pikir semua baik-baik aja, ternyata enggak. Pulang sekolah dua adek kelas anggota danus dateng ke kelas membawa banyak sisa jualan sambil ngeluh panjang lebar. Nisa nggak bisa marah, terpendamlah semua beban, berat. :")

Waktu ada event Try Out juga ada masalah pembagian kerja. Gue malemnya udah bagi tugas buat tiap anggota danus, dan semua berubah lagi, nggak jalan. Sekali lagi Nisa gagal memimpin. Akhirnya, gue juga yang lari-lari sana-sini, ambil teh, beli aqua, beli cup, beli es, gue lagi. Emang sih dibantu sama anggota danus, tapi nggak sesuai pembagian tugas, dan gue makan porsi lebih lagi. Akhirnya gue tepar di rumah Ira habis TO. :")

Kejadian terakhir, garage sale. Malemnya gue udah bikin plan buat hari garage sale. Gue ke sekolah berseragam, cek ke pasar tempat garage sale, bantu nyiapin garage sale, balik ke sekolah buat ngurus surat pengantar sama Yayak, terus ke rumah Amma buat ganti baju, baru ikutan garage sale. Kemudian semua berubah, lagi. Nisa gagal lagi. Hari H garage sale, gue sama Yayak cek pasar, ternyata nggak bisa, dan kemudian tanya-tanya sama Jarwo yang berpengalaman, terus dikasih tau tempat garagenya dipinggir jalan asal cari tempat aja. Fix bisa garagesale, dan Amma di sekolah udah prepare barkas buat garagesale. Di sana ada Helmi, Edo, Hafiz, Kala. Niatnya gue nyuruh mereka buat duluan gitu, kan Kala tau jalan kesana juga, eh mereka malah nungguin gue sama Yayak bikin surat, yaudah deh sekalian pinjem toa buat teriak teriak promo. Udah kelar, gue masih nunggu Syifa, yang cowok gue suruh duluan, gue sama Amma, gue pikir yang cowok bisa mulai duluan, ternyata enggak. Lagi-lagi mereka nunggu gue, akhirnya sampe lokasi gue juga yang ngurus tempat buat lapak garagesale. Terus gue balik ke sekolah sama Amma, ambil barang lagi, gue pikir yang di pasar bisa jalan, dan lagi, ternyata enggak, Syifa sms mereka malah ngobrol. Gue sampe lokasi lagi, bahkan gaada satupun cowok yang tergerak buat bantu bongkar barang, ketje sekali mereka. Toa yang udah dipinjem malah nggak dipake, gue suruh teriak-teriak malah nggak ada yang mau, akhirnya gue yang mau teriak-teriak promo gitu, eh malah berputar, sungguh Nisa capek, intinya Nisa sakit. Akhirnya gue disuruh istirahat, baru pada jalan sendiri itupun menurut gue nggak maksimal. Tapi, nggak apalah, buat pengalaman aja.

Jadi, itu beberapa cerita tentang mengkoordinir danus event. Ternyata nggak gampang, capek.

Pernah cerita ke Papa, dulu Papa bilang ...

"Kamu boleh ikutan kayak gitu asal nggak lupa tugas pokok sekolah, disitu bukan cara cari uang yang kamu ambil pelajarannya, tapi gimana cara memimpin orang lain, justru itu yang penting."
"Kamu jangan marah-marahin anggotamu, kalau ada masalah intropeksi bersama, intropeksi diri sendiri, mereka juga udah usaha buat bantu kamu."

Iya pah, bahkan Nisa nggak bisa marah, malah Nisa yang disalah-salahin sama anggota Nisa pah. Nisa masih gagal memimpin, belum berhasil, belum... bukan nggak. :")
 

You May Also Like

0 comments

mari berkicauuu...~