Growing Differently

by - February 18, 2017

Assalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh! 

It's been so loooooong since the last time I posted something on this blog. Huhu
Sekarang aku mulai kangen nulis lagi. Dari dulu bilang kangen juga ya ehehe. Susah memang ternyata buat disiplin menulis.

Anyway, baru aja baca-baca postingan dulu-dulu. Dari awal blog ini dibuat sampai sekarang udah banyak banget perubahan dari diri empunya blog ini. Dari gaya nulis, gaya ngomong, perilaku, cara berpikir, gaya hidup juga mulai berubah. Pasti kalian (siapapun yang baca ini, itupun kalau ada yang baca lol) juga udah mengalami banyak perubahan. Justru serem nggak sih kalau selama beberapa waktu nggak ada sesuatu yang berubah dari diri kita? Kayak monoton gitu.

Pertengahan kuliah lalu, ...
(eh iya sekarang aku udah menuju semester akhir :') ) tengok kanan kiri, lihat perubahan teman-teman di sekeliling sempat jadi minder. Ada yang jadi ketua himpunan, ada yang eksis di komunitas, ada yang aktif di organisasi sampai akhirnya keluar negeri, macem macem deh. Bawaannya jadi berasa kayak debu gitu loh, ih aku mah apa, cupu banget ngga kayak mereka. Sempet jadinya malah menyalahkan lingkungan karena kuanggap nggak mendukung, tapi makin ke sini, makin mikir, nyalahin doang mah ngga ada gunanya juga. Akhirnya berusaha cari lingkungan baru. Di lingkungan baru pun ternyata nggak bisa seperti yang aku harapkan, dan itu karena aku yang kurang bisa membagi waktu.

Tengok tengok ke belakang dan mulai introspeksi diri. Dulu lihat mereka yang bikin iri itu sering nanya 
"kok mereka bisa sih ninggalin kuliah lama? padahal aku ngga masuk seminggu aja keteteran ngerjain tugas..."
atau
"kok bisa sih nyatu banget sama organisasinya sedangkan aku kok susah ya? di sini tuh ngga enak anak-anaknya..." 
Yah, sekarang udah ngerti sih kenapa aku ngga kayak mereka. Kayak, ya udah jelas selama ini kurang bisa ngebagi waktu, kurang bisa peka sama sekitar jadi sulit membaur juga, ya lama-lama pertanyaan-pertanyaan dari rasa iri itu kejawab semua.

Tapi yaa, ada ajaa deh rencana yang sebelumnya ngga pernah disangka. Impianku buat jalan-jalan ke luar negeri kayak temen-temenku tercapai tapi di level yang lebih rendah sih heu. Menuju akhir tahun lalu, aku diajak papa buat ikut semacam proyek csr gitu, jadi asisten papa buat mengajar di salah satu sekolah di Tarakan. Emang ngga ke luar negeri, tapi ini udah cukup jauh lah buat orang macem aku. Jogja - Tarakan lumayan loh, buat anak yang paling jauh baru ke Bali doang buat study tour heheh. Waktunya pun pas liburan, jadi ngga kepikiran tugas kuliah gitu. Udah gitu di sana dapet pengalaman mengajar anak-anak SMK. Ngga pernah kepikiran bakal bisa mengajar gitu apalagi anak SMK, eh tau-tau ada aja ceritanya.

Terus yang masalah organisasi, di penghujung periode kepengurusan aku dapet kesempatan buat ikut acara perkumpulan himpunan jurusan se Indonesia gitu di Surabaya. Aku ngajuin diri sendiri buat ikut, karena selama ini kupikir aku belum dapet hal yang bener-bener berkesan dari organisasi ini. Bener aja, di sana aku bener-bener kayak... apaya... dapet banyak hal baru buat aku. Dari acara itu aku banyak ketemu orang-orang dari berbagai wilayah di Indonesia, dari Sumatera ada, Kalimantan ada, Sulawesi banyak banget, Maluku, dsb. Aku dapet banyak cerita gimana sih mahasiswa di sana, organisasi mereka di sana kayak gimana, dari acara ini juga otomatis aku jadi belajar berbaur sama orang-orang dengan latar belakang yang beda-beda sekaligus. Gila. Sekamar tuh ya, isi 12 orang udah kayak sarden aja gitu kalau tidur, dan isinya dari berbagai daerah. Awal-awal sempet bengong, takut, bingung ini gimana ngadepin orang-orang begini, apalagi yang dari timur, tapi akhirnya rame juga bisa membaur ehehe. Seneng!

Jadiii, intinya, setelah segala perubahanku selama ini dan segala ke-iri-an ku yang satu persatu terjawab, aku paham satu hal. Jalannya orang itu beda-beda. Mereka udah begini begitu karena mereka mungkin udah siap, sedangkan aku belum. Tetep percaya deh sekarang, semua akan indah pada waktunya.

Semoga kita terus berubah ke arah yang baik yaaah!

Wassalam. 

You May Also Like

0 comments

mari berkicauuu...~